Apakah umat islam menyembah Ka'bah?


Ka'bah yang terletak di Mekkah sering dianggap banyak orang non Islam sebagai "berhala" nya orang Islam. Hal ini dikarenakan orang Islam "menyembah" nya ketika sholat pada saat umroh ataupun musim haji ataupun dalam sholat. Tetapi, benarkah umat Islam menyembah ka'bah?


 Ka'bah berada di tengah tengah Masjidil Haram, Arab Saudi. Ketika umat Islam sedang sholat, Bila dilihat 360 derajat, kelihatan orang orang menghadap ke Ka'bah. Hal ini yang dijadikan salah satu dasar para non Islam mengatakan bahwa umat Islam menyembah ka'bah. Apakah pendapat ini benar ? Untuk mengetahui benar atau tidak nya segala sesuatu Hal dalam Islam, maka Hal yang harus dilakukan setiap pengkritik adalah mencari tahu pada kitab suci umat islam, yaitu Al Quran, sebagai dasar Islam.




Ternyata nama " Jakarta" berasal dari Al qur'an!!!



Ka'bah sendiri merupakan arah kiblat umat Islam ketika sholat. Kiblat merupakan arah kaum Muslim menghadap dalam shalat mereka. Perlu dicatat bahwa walaupun kaum Muslim menghadap ka'bah dalam shalat, mereka tidak menyembah ka'bah. Umat Islam hanya menyembah kepada Allah swt. Umat Muslim menghadap ka'bah, dalam hal ini menghadap Masjidil Haram, diperintahkan Allah swt kepada Nabi Muhammad SAW ketika akan melaksanakan sholat. disebutkan didalam al Quran yaitu pada Al Baqarah : 144.
قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى ٱلسَّمَآءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَىٰهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنتُمْ فَوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُۥ ۗ وَإِنَّ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ ۗ وَمَا ٱللَّهُ بِغَٰفِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ ﴿١٤٤﴾

"Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan."
(Q.S.2:144)

Masya Allah, 1400 tahun lalu proses penciptaan manusia sudah diketahui


Dalam Hal ini, Allah swt menghendaki persatuan umat islam ketika melaksanakan shalat. Bisa jadi sebagian orang yang ingin melaksanakan sholat menghadap ke utara, selatan, barat atau ke timur. Oleh karena itu, Allah swt memerintahkan umat islam untuk menghadap ka'bah ketika shalat sehingga kaum muslimin yang berada di timur ka'bah akan menghadap ke arah Barat sedangkan kaum Muslim yang berada di bagian Barat ka'bah akan menghadap ke arah timur. Begitu juga untuk arah yang lain. Hal ini terlihat, ketika kaum Muslim melakukan sholat sewaktu musim haji, kaum Muslim duduk, berdiri dan sujud mengitari menghadap ka'bah.

Bila dilihat dan dipelajari dari bacaan sholat yang dibaca, tidak ada satu kalimat apapun yang menyatakan bahwa muslim menyembah ka'bah. Semua doa dan ayat yang dibaca berisi penghambaan pada Allah swt.

Bukti lain bahwa umat islam tidak menyembah ka'bah adalah pernah ada orang yang berdiri diatas, memijak dan mengumandangkan azan diatas ka'bah  ketika nabi Muhammad SAW masih hidup. Hal ini bisa ditanyakan kepada Mereka yang menuduh Muslim menyembah Ka'bah, penyembah berhala mana yang berdiri diatas berhala sembahannya. Mudah mudahan bisa menjelaskan dan Terima kasih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()