Benarkah hanya islam agama yang paling benar??

Islam, agama yang dibawa Nabi Adam alaihi salam hingga nabi Muhammad SAW.

Islam adalah sebuah agama yang dikenal luas oleh masyarakat dunia. Pemeluk agama ini disebut Muslim untuk laki laki, artinya Laki laki yang agama islam dan Muslimah untuk perempuan yang beragama islam. Selain Islam, di dunia ini dikenal beberapa agama seperti Kristen, Budha, Hindu dan lainnya. Masing masing agama ini mengklaim dirinya sebagai agama yang paling baik, paling benar dan paling hebat. Hal ini sering memicu gesekan gesekan, keributan antara pemeluk agamanya karena ini berarti ada agama lain yang benar dana agama lain salah. Namun islam mengklaim dirinya sebagai agama yang benar dan diterima Allah swt. Sebenarnya, benarkah ada agama agama lain selain islam dan sebenarnya manakah agama yang benar itu ?

Allah swt menyebutkan bahwasanya hanya islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah swt seperti yang disebutkan dalam Qs. Ali Imran : 19 sebagai berikut:

19. Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah Maka Sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

Lantas pertanyaaannya, benarkah Islam satu satunya agama yang benar??
Sebelum membahas tentang benar atau salahnya, alangkah baiknya bila memahami terlebih dahulu apa itu Islam. Islam sendiri berasal dari bahasa arab, yaitu Salaam yang berarti Menyerahkan diri. Bila diambil struktur hurufnya, kata ini terdiri atas 3 huruf yaitu Sa, Lam, Mim. Huruf ini juga pembentuk kata Muslim, Salam, Islam. 

Baca Juga...


Untuk mengetahui arti kata Islam, silahkan merujuk kepada Al Qur’an di surat Ali Imran 83 sebagai berikut:
  
83. Maka Apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, Padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.

Jadi makna islam disini adalah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT, tunduk taat dan patuh pada perintah Allah SWT. Setiap orang yang patuh dan taat kepada perintah Allah SWT termasuk muslim, yaitu orang islam, orang yang menyerahkan dirinya kepada Allah SWT. Nabi Nabi terdahulu dari Nabi Adam ‘alaihi salam sampai Nabi Isa ‘alaihi salam adalah muslim. Benar kah seperti itu?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Allah menjelaskannya di dalam Al Qur’an yaitu sbb:

Allah SWT menjelaskan bahwasanya Ibrahim adalah Muslim, berserah diri kepada Allah SWT. Nabi Ibrahim ‘alihi salam, Nabi Isma’il ‘alihi salam, Nabi Ishaq ‘alihi salam, nabi Ya’qub dan anak keturunannya serta nabi nabi lainnya yang berjumlah sekitar 124.000 orang tersebut adalah islam (Muslim). Hal ini seperti yang tersebut dalam Qs Ali Imran 84 sebagai berikut:

84. Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada Kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan Para Nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nyalah Kami menyerahkan diri."

Penegasan terkait hal ini tertulis didalam Al Qur’an di beberapa ayat di Al Qur’an.  
- Nabi Ibrahim ‘alaihi salam adalah muslim dijelaskan di dalam Qs Ali Imran : 67
  
67. Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi Dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah Dia Termasuk golongan orang-orang musyrik.

Nabi Ibrahim juga disebutkan dalam Al Qur’an mengajari anak anaknya untuk menjadi muslim seperti yang tertulis dalam Al Baqarah 132.

132. dan Ibrahim telah Mewasiatkan Ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'qub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, Maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".

Nabi Musa ‘alaihi salam yang diutus untuk Fir’aun juga ditegaskan oleh Allah swt di dalam Al Qur’an sebagai muslim, orang islam. Hal ini seperti yang tertulis pada Qs Yunus : 84

84. berkata Musa: "Hai kaumku, jika kamu beriman kepada Allah, Maka bertawakkallah kepada-Nya saja, jika kamu benar-benar orang yang berserah diri."
Nabi Isa ‘alaihi salam, atau yang dikenal sebagai yesus ‘alaihi salam, yang bagi sebagian orang dikatakan sebagai Tuhan, sebenarnya juga beragama Islam (Muslim). Hal ini seperti yang dijelaskan dalam Qs Maryam : 30-31

30. berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi,

31. dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
Ibadah sholat dan menunaikan zakat merupakan ibadah yang dilakukan oleh orang islam. Maka, Nabi Isa ‘alaihi salam adalah muslim.

Akhirnya, sebagai muslim kita semakin yakin bahwa hanya islam lah agama yang diridhoi Allah swt. Bila ada yang bertanya, “........Katakanlah kepada mereka : “Saksikanlah, bahwa Kami adalah orang orang yang berserah diri” J seperti yang dijelaskan Allah SWT dalam Qs Ali Imran ayat 64 sebagai berikut:

64. Katakanlah: "Hai ahli Kitab, Marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara Kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain Allah". jika mereka berpaling Maka Katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa Kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)".


Jadi jelas disini bahwa agama yang benar dan diridhoi oleh Allah SWT hanyalah Islam. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah umat islam menyembah Ka'bah?

Masya Allah, 1400 tahun lalu proses penciptaan manusia sudah diketahui

Ternyata nama " Jakarta" berasal dari Al qur'an!!!

Mengenal lebih dekat Ustadz Abdul Somad, Lc, MA

Cukuplah kematian sebagai pemberi nasehat