Apa manfaatnya kita ucapkan Allahu Akbar sewaktu sholat?

Alhamdulillah, Setiap hari Kita sholat. Kita rukuk, sujud pada Allah swt karena Kita patuh sama Allah swt. Setiap Kita sholat, Kita ucapin "Allahu akbar" beberapa kali tergantung jumlah rakaat sholat. Allahu akbar sendiri artinya "Allah Maha Besar" .

Kita Tahu, walau pun seluruh Manusia yg ada di dunia gak Mau menyembah Allah, gak Mau sholat, gak Mau puasa, gak Mau sedekah, gdak ucapin Allahu Akbar, sedikit pun Allah tidak rugi. Sedikit pun Allah gak merasa rugi andaikan semua orang didunia gak Mau menyembah nya, bermaksiat pada Allah swt. Yang rugi adalah Manusia itu sendiri.

Pertanyaannya
Jadi, kira kira apa manfaatnya Kita ucapin Allahu Akbar di setiap sholat Kita?

Jawaban orang yang sudah beriman adalah karena Rasulullah SAW mengajarkan cara sholat seperti itu. Sebagaimana yg sudah Kita fahami, cara sholat yang Rasulullah SAW ajarkan salah satunya dengan mengangkat tangan sambil mengucapkan Allahu Akbar sewaktu takbiratur ihram. Jawaban ini sudah cukup bagi orang yang beriman. Bagaimana bila orang atheist yang bertanya? Saya yakin, jawaban ini gak memuaskan mereka. Nah kira kira jawaban apa yang pas untuk mereka?

Bismillahirrahmanirrahiim
Ada satu cara pendekatan untuk memahami persoalan ini. Ini saya dengar dari video Dr Zakir Naik ketika menjawab pertanyaan seorang gadis jepang. Kira kira begini penjelasan beliau ( sumber video ada di YouTube )

Andaikan ibu, ayah, anak, sakit parah, anggap saja sakit jantung kronis yang sulit untuk diobati. Ada dokter jantung, specialist jantung, sangat terkenal di dunia, kemudian memberikan resep untuk mengobati sakit jantung nya. Kira kira Kita percaya dengan saran dokter itu? Hampir pasti Kita langsung percaya dengan saran dokter tersebut. Kenapa? Karena dia memang dokter jantung terkenal, sangat specialis.
Andaikan ada orang yang Kita temui di pinggir Jalan, Kita gak tau latar belakang nya, tiba tiba memberi saran berupa resep bagi sakit jantung keluarga Kita tersebut. Kira kira kira percaya gak? Hampir pasti Kita gak percaya. Kenapa?? Karena Kita gak kenal dia.

Nah, ini lah psikologi Manusia. Kita gak akan mudah percaya pada sesuatu yang Kita belum kenal. Apalagi untuk urusan yang sangat penting, yaitu kesembuhan dari sakit jantung, sebuah penyakit yang sangat kritis. Sebaliknya, kita akan percaya kepada saran yang diberikan oleh orang yang kita kenal.

Begitu juga dengan ucapan Allahu Akbar. Allah mengetahui psikologi Manusia karena memang Allah pencipta Manusia. Perintah sholat yg didalam nya ada ucapan Allahu Akbar, sebenarnya untuk mendidik Kita agar menjadikan Allah satu satunya yang Kita Puji, Kita sembah, Kita ikuti, bukan yang lain. Secara gak sadar, Kita sudah menjadi kan Allah sebagai satu satunya "Yang Maha Besar".

Dengan demikian, Kita akan ikuti semua perintah Allah karena Kita yakin perintah perintah itu baik untuk diri kita sendiri. Allah tidak untung dengan Kita mengucapkan Allahu Akbar, Tapi sebenarnya Kita yang untung. Sama seperti pendekatan dokter jantung dan pasien jantung
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()