Mengenal lebih dekat Ustadz Abdul Somad, Lc, MA

Ustadz Abdul Somad, KH Abdullah Gymnastiar dan Tuan Guru bajang di Eco pesantren, Bandung

Tegas, Lugas, namun sering diiringi canda. Suaranya khas tanah Sumatera. Setiap argumen yang disampaikan selalu dilengkapi dengan dalil dalil ilmiah baik Al Qur'an maupun Hadis. Pendapat ulama pun sering dijadikan rujukan atas pertanyaan Jemaah. Semua kalangan menyukai ciri khas ceramah beliau, baik muda tua, laki laki atau wanita. Beliau amat mumpuni dalam menjawab persoalan  Fiqih, yang belakangan sering dijadikan perdeatan. Beliau adalah Al Mukarrom Ustadz Abdul Somad Lc, MA. 
                                            
Ustadz Abdul Somad

Nama lengkap beliau adalah Abdul Somad Batubara. Beliau akrab dikenal sebagai Ustadz Abdul Somad. Ia lahir di sebuah desa bernama Silo Lama di wilayah kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada tanggal 18 Mei 1977. 

Masa SD, Mts (setingkat SMP) dan MA (setingkat SMA) dihabiskan di Sumatera Utara dan Pekanbaru. Ustad Abdul Somad kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi. Ia kuliah di UIN SISKA Riau namun hanya berjalan selama 2 tahun. Beliau mendapatkan beasiswa yang kemudian mengantarkannya untuk menyelesaikan S1 di Universitas Al Azhar, Cairo, Mesir. Selang beberapa waktu setelah menyelesaikan S1 nya, beliau kemudian mendapatkan beasiswa S2 ke Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko. 

Aktivitas Ustad Abdul Somad
Ustad Abdul Somad diketahui bekerja sebagai dosen bahasa arab dan tafsir hadist di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim dari tahun 2009. Selain itu beliau juga mengajar sebagai Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur, Riau. Beliau juga pernah aktif sebagai Anggota MUI Provinsi Riau dan Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama dan anggota badan amil zakat di Riau dari tahun 2009 hingga 2014.
Kini Ustadz Abdul Somad aktif dalam memberikan ceramah agama islam di berbagai pelosok di wilayah Indonesia. Dimulai dari memberikan dakwah agama melalui kanal Youtube nama Ustad Abdul Somad semakin 

Karya karya Ustad Abdul Somad
Selain mengajar dan berdakwah, ternyata ustadz Abdul Somad masih sempat menulis buku buku yang konon, edisi cetaknya sudah terjual ribuan eksemplar. Buku hardcopy nya dijual secara resmi oleh Tafaqquh, sebagai official resmi Ustadz Abdul Somad (Link resmi tafaqquh bisa diakses disini. Meskipun buku bukunya tersebut dijual resmi, namun ustadz Abdul Somad telah mewakafkan buku buku versi e book tersebut kepada Masyarakat. Dalam beberapa kesempatan ceramah beliau, Ustadz Abdul Somad mengatakan bahwa buku buku versi pdf tersebut boleh di download dan disebarluaskan ke Masyarakat untuk dipakai di kalangan sendiri. Buku versi pdf tersebut bukan untuk diperjualbelikan. Mengenai pernyataan beliau tersebut, bisa dicek di Youtube.
Adapun buku buku yang sudah diterbitkan yaitu Buku 37 Masalah Populer ,  Buku 77 Tanya jawab seputar solat,  Buku 33 tanya jawab seputar qurban, dan  Buku 30 Fatwa Seputar Ramadhan

Hubungan Ustad Abdul Somad dengan Ulama
Ustad Abdul Somad diketahui sering melakukan safari dakwah dan kunjungan ke ulama ulama Indonesia lainnya. Semangat yang ingin dibangun adalah persatuan diantara umat islam, apapun gerakan dakwahnya. Terbukti dalam safari dakwahnya, beliau selalu menyempatkan bersilaturahmi ke ulama ulama. Beberapa ulama diantaranya yaitu ustadz Abdullah Soleh Hadrami, Habib Rizieq Sihab, KH. Abdullah Gymnastiar, Tuan Guru Bajang, Ustadz Adi Hidayat, ustadz oemar mitta, ustadz Hanan Attaki dan banyak lagi ustad lainnya.  
Pertemuan Ustadz Abdul Somad dan Ustad Abdullah Soleh hadrami

Pertemuan UAS dengan  Habib Rizieq Sihab

Tabligh Akbar UAS, Aa Gym dan TGB di Masjid Rahmatan Lil alamin Eco pesantren, Bandung

UAS, Aa Gym dan TGB mengendarai kuda di Eco pesantren, Bandung

Pertemuan antara UAS dan Ust Adi Hidayat di Pekanbaru

Ust hanan attaki, Ustad Abdul Somad dan Ust Oemar mitta di bandung

UAS dan TGB dalam suatu kesempatan pertemuan

Insya Allah, dalam waktu dekat persatuan diantara umat islam Indonesia akan semakin kokoh. Aaamiin

Bagi anda yang ingin membaca buku ustadz Abdul Somad, bisa membacanya disini 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()